Senin, 17 Mei 2010

Apa yang dimaksud skema JI dan skema CDM ?

Joint implementation (JI) adalah suatu bentuk kerja sama antara industri yang memerlukan kredit karbon dengan cara membiayai industri atau pihak lain yang mampu mengurangi emisi di lokasi atau negara lain.

Clean development mecanism (CDM) adalah suatu skema pembelian kredit karbon dari pihak lain secara bebas tanpa ada kaitan dengan industri yang bersangkutan. Misalnya saja China yang berhasil membangun pembangkit listrik tenaga angin dan sinar matahari, karena minimnya emisi yang dikeluarkan dan ramah lingkungan maka mereka berhasil menjual kredit karbon secara bebas kepada penawar tertinggi dalam skema CDM.

Dalam skema CDM ini pihak yang menjual kredit karbon tidak mesti berhubungan dengan proyek energi. Proyek penghijauan atau pembangunan hutan rakyat pada lahan kritis dapat memperoleh kredit karbon, karena hutan tidak menghasilkan emisi justru dapat menyerap karbon dan menghasilkan oksigen.

Ironisnya, semua proyek pembangunan hutan di Indonesia tidak ada yang berhasil masuk dalam skema CDM karena banyaknya persyaratan yang ditetapkan. Berdasarkan informasi dari rekan NGO saya, salah satu persayaratan yang sangat berat dipenuhi adalah adanya jaminan selama jangka waktu tertentu (kalau tidak salah minimal 20 tahun) bahwa hutan yang bersangkutan masih dapat berfungsi sama. Jaminan tersebut sangat sulit dipenuhi karena seperti diketahui kebijakan di negara kita sering berubah, suatu hutan dapat ditetapkan sebagai kawasan tapi sebentar kemudian dapat beralih untuk penggunaan lain (perkebunan, pertambangan, transmigrasi, dll) belum lagi adanya desakan dari masyarakat.

Informasi terakhir, ada 2 – 3 proyek di Indonesia yang sedang diusulkan dalam skema CDM dan saat ini masih dalam tahap pembahasan. Semoga saja lebih banyak proyek kita yang mampu menembus skema CDM.

Semoga membantu.


http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080226224659AAJhA6E


http://www.google.co.id/search?q=protokol+kyoto+dan+proyek+cdm+site%3Akompas.com&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar